
Minggu, 13/10/2024, 03:04 WIB
Sifera, P.H.

Surabaya – Momen kampanye riang gembira dan seneng bareng benar dilakukan oleh Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Khofifah Indar Parawansa dalam menyapa Masyarakat. Salah satu wujudnya adalah dengan menyelenggarakan pemeriksaan gratis bagi Pedagang saat kampanye di Pasar Kapasan, Jumat (11/10/2024).
Dengan membuka booth yang terdiri dari dua meja, layanan ini diramaikan oleh dua Tenaga Kesehatan yang siap untuk memberikan layanan pemeriksaan gratis bagi Pedagang dan juga Pembeli pasar Kapasan. Pemeriksaan yang dilayani adalah pemeriksaan gula darah, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan asam urat dan juga kolesterol.
Pada saat Khofifah tiba dipasar Kapasan, layanan ini sudah dimanfaatkan lebih dari sepuluh orang Pedagang dan juga para Pembeli pasar.
“Sehingga untuk pemeriksaan ini sudah sepakat kalau kita turun ke pasar, seperti dipasar Wonokromo, Pasar Keputran. Hari ini juga buka di Pasar Kapasan, ini adalah upaya kita mewujudkan kampanye riang gembira, seneng bareng,” terang Khofifah.
Layanan ini para Pedagang yang misalnya ada keluhan kesehatan namun belum bisa ke Puskesmas atau layanan kesehatan karena harus berjualan, maka mereka cukup periksa ke layanan kampanye Khofifah-Emil. Tidak hanya itu, Khofifah juga menyebut bahwa selama layanan ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyerap aspirasi dari para Masyarakat yang ada di pasar trandisional.
“Maka ini bisa dialog juga dengan mereka, jadi layanan ini salah satu pola problem solving,” terangnya.
Selanjutnya Calon Gubernur Jatim periode 2019-2024 menegaskan bahwa pasar selalu menjadi jujugan kampanye setiap hari, bahkan setiap keliling daerah. Tujuan pertama selalu adalah pasar tradisional.
“Jadi pasar itu penyemangat bagi saya, setiap saya ke pasar bertemu pedagang, penjual maupun pembeli selalu banyak doa. Itu yang saya temukan, kalau semangat pagi itu ya semangat dipasar,” ungkapnya.
Dan pasar tradisional juga menjadi perhatiannya untuk selalu dijaga dan dilindungi, termasuk secara infrastruktur harus terus disempurnakan agar Pedagang dan Pembeli bisa nyaman selama ada di pasar tradisional.
“Selain yang selalu saya sampaikan pasar tradisional harus dijaga dan dilindungi, kalau infrastruktur kurang maksimal harus disempurnakan. Digital ekosistem memang sudah harus masuk di pasar tradisional, jadi berapa banyak Pedagang menyampaikan agak sepi. Saya rasa memang itu adalah realitas hari ini dimana mereka harus berkompetisi dengan pasar digital,” jelas Khofifah.
Selain itu Maryam salah satu Pedagang yang memanfaatkan layanan pemeriksaan kesehatan menyampaikan terima kasih pada Khofifah-Emil, menurutnya sangat membantu.
“Bahwa biasanya tidak sempat ke Puskesmas, dengan ada pemeriksaan begini bisa periksa gratis. Hasilnya tadi tensinya tinggi, tadi Alhamdulillah dikasih amalan oleh Bu Khofifah supaya banyak rejeki,” pungkasnya.
(08887886999)