Pelindo Regional 3 Sub Regional Jawa Edukasi Tenant GSN: Mitigasi Kebakaran dengan APAR dan Karung Goni

Surabaya:26/09/2025

Surabaya, Aliansiberita.web.id-PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Sub Regional Jawa menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Alat Pemadam Api Ringan (APAR red) dan Mitigasi Kebakaran dengan Menggunakan Karung Goni bertempat di halaman drop zone Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN) PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Sub Regional Jawa. (26/09)

Kegiatan ini diikuti oleh 24 orang perwakilan tenant yang beroperasi di ruang tunggu sementara terminal penumpang gapura surya nusantata.Sosialisasi meliputi praktik penggunaan APAR, pemadaman api menggunakan karung goni, sesi tanya jawab, hingga pembekalan pengetahuan terkait pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Manager HSSE Pelindo Regional 3 Sub Regional Jawa, Amarto Soegeng Basuki mengatakan,” pentingnya kesiap siagaan seluruh pihak terhadap potensi kebakaran di lingkungan pelabuhan”.ujarnya

Masih kata Amarto,”Pelabuhan merupakan objek vital dengan aktivitas yang kompleks.Sehingga kesadaran dan keterampilan dasar dalam menghadapi kebakaran harus dimiliki oleh seluruh pihak, termasuk para tenant yang berada di wilayah ruang tunggu sementara GSN dan melalui kegiatan ini, kami ingin memastikan bahwa penanganan awal terhadap potensi kebakaran dapat dilakukan dengan cepat, tepat, dan aman sehingga risiko kerugian dapat diminimalisir”.tuturnya

Ditambahkan oleh General Manager Cabang Kalimas & GSN, Ana Adiliya, “Bahwa kegiatan ini sangat relevan dengan kebutuhan operasional di wilayahnya sebagai area menampung banyak aktivitas penumpang maupun tenant terminal gapura surya nusantara (GSN red) harus selalu siap siaga dalam menghadapi risiko kebakaran”. Ucapnya

Lanjut Ana sapaan akrab Ana Adiliya, “Dengan adanya sosialisasi ini, kami berharap seluruh tenant memiliki pemahaman serta kemampuan dasar dalam pencegahan juga penanganan kebakaran, sehingga tercipta lingkungan pelabuhan yang aman, nyaman, dan terpercaya bagi seluruh pengguna jasa”.tukasnya

Sementara itu pengamatan awak media dilapangan melihat secara langsung,kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi program HSSE (Health, Safety, Security, and Environment red) Pelindo Regional 3 Sub Regional Jawa untuk mendukung penerapan Sistem Manajemen K3 sesuai Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dan regulasi terkait penanggulangan kebakaran di tempat kerja.
Selain meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi kondisi darurat, sosialisasi ini diharapkan dapat menumbuhkan budaya keselamatan kerja yang berkelanjutan di lingkungan pelabuhan dan
dengan adanya program sosialisasi ini, Pelindo Regional 3 Sub Regional Jawa berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan kepelabuhanan yang aman, andal, dan berdaya saing, sekaligus memastikan perlindungan terhadap aset perusahaan, mitra usaha, dan masyarakat pengguna jasa pelabuhan.(dwi/humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *